Rabu, 07 Oktober 2009

Bulan Padat bagi Pebulu Tangkis Indonesia

JAKARTA - Pebulu tangkis Indonesia akan menjalani jadwal padat mulai Oktober mendatang. Selain pemain utama akan menghadapi dua turnamen super series lanjutan musim ini, yakni di Denmark dan Prancis. Pemain junior justru memiliki beban besar disaat mereka akan membela Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior di Alor Setar, Kedah , Malaysia , 23 Oktober-1 November 2009.

Kabid Pembinaan dan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh mengatakan, Oktober memang menjadi bulan padat yang akan dilalui pebulu tangkis Indonesia . Namun, pihaknya tak mempermasalahkan itu setelah mempersiapkan diri secara maksimal.

Pemain junior misalnya. Menurutnya, pihaknya telah melakukan penggemblengan fisik maupun mental di pusat akademi militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Dia menilai persiapan yang cukup lama dilakoni mereka akan mampu bersaing dengan pebulu tangkis junior dari negara lainnya.

Sayang, dia belum mau membeberkan siapa pebulu tangkis yang akan membela Indonesia. Dia mengaku terlalu banyak nama pebulu tangkis Merah Putih yang akan mengikuti dua nomor, yakni perorangan dan beregu tersebut.

"Terlalu banyak, jadi saya lupa siapa saja yang akan berangkat. Yang penting, saya telah menyerahkan semua daftar nama pemain Indonesia pada 14 September 2009," ujarnya, Selasa (29/9/2009) .

Pihaknya juga tak memberikan target muluk kepada pebulu tangkis junior Indonesia saat mengikuti kejuaraan tersebut. Dia hanya berharap pemain mendapatkan pengalaman bertanding, apalagi PB PBSI memang tengah intensif menjalani pembinaan regenerasi pemain muda.

"Tak ada target khusus. Mereka hanya dituntut berbuat yang terbaik di kejuaraan tersebut," ungkapnya.

Di kejuraan dunia tahun lalu, pebulu tangkis junior Indonesia memang belum menunjukkan kualitasnya. Indonesia bahkan tak meloloskan wakilnya di babak final nomor perorangan. Sementara di nomor beregu, Indonesia harus puas berada di peringkat tujuh besar setelah sanggup menyudahi perlawanan Hong Kong 3-0.

Sementara pemain utama rencananya akan langsung menjalani latihan rutin di pelatnas Cipayung setelah kembali dari Jepang, Senin (28/9/2009). Mereka akan langsung digembleng untuk lebih maksimal di Denmark dan Prancis.

1 komentar: