Senin, 11 Januari 2010

KU TEMUKAN BANYAKNYA KARAKTER KEHIDUPAN, SAAT KU BELAJAR DARI APA YANG AKU LIHAT di STASIUN KERETA & KERASNYA HIDUP DI JALANAN..

SEDIKIT CURCOL YA..

Sudah cukup sering gw mencicipi jalanan & kereta..
Ehhmmm,, yapz?! Disana banyak sekali manusia2 kurang beruntung..
Tapi namanya juga kehidupan, harus ada yang mau yang jadi kaya, biasa2 saja, bahkan miskin..

Kereta? Alat transportasi yang panjang, menampung begitu banyaknya orang. Ya bisa di bilang , murah harga karcisnya..
Dari yang ekonomi, KRL, AC, dll..
Semua udah pernah gw cobain.. hehe maklum gw suka nge-bolang.
Kalo naek yg kelas ekonomi (Rp.1500,-) itu Desek2an, kepanasan, takut kecopetan, ya itu udah pasti..
Kalo yang AC (Rp.5000) lumayan adem, tp rame juga sih..
Kalo mau yg cepet nyampe itu naek XPRESS, hehe.. gw lupa harganya..
Bahkan kereta Barang. Kalian tau kan? Menurut gw ga layak buat di tumpangi , coz bahaya bgt. Tp gw pernah 1 x, beuhh gila. Mautt.. kapok.. gw sih karena kepepet aja, hehe

Gw suka naek kereta, selain harganya menetralisirkan kantong gw, hehe.. dari sinilah gw juga bisa melihat begitu banyaknya manusia2 yang bisa buat kita belajar. Tapi cape juga si kalo ga duduk, apalagi kalo panas, haus, bau, pusing.. beuhhh rasanya pengen cepet2 turun..
Pernah tuh gw, gw diem di WC’y. aduuuh gila bau pesing bgt. Tp apa boleh buat, yg penting gw bisa pulang dgn selamat.


Di kelas ekonomi yg lebih gw resapi..
Diam berdiri / duduk.. disitu gw menjumpai :

#PEDAGANG ASONGAN dari yang jual minuman, makanan, rokok, remote, sandal, aksesoris, TTS, permen, buah, Koran, alat tulis, dan banyak lagi *gw ga bisa nyebutin atu atu.. ingatan terbatas, hehe

#PENGAMEN (PUNK ROCK JALANAN) : yapz.. dengan pakaian seadanya (udah kotor), bermodalkan SUARA, PEDE, DAN gitar keciL/alat musik sederhana untuk mengiringi lagu yang ingin mereka nyanyikan. Gw salut, Lagunya sederhana, enak di dgr , n pasti ciptaan mereka sendiri.. *kenapa ga jadi penyanyi aja ya??.. kasian, anak seumur itu udah harus nyari makan sendiri. mereka makan ga makan di tentukan oleh RECEHAN, GOPEAN, BAHKAN REBUAN.. malang sekali,, mereka juga tanpa merasakan indahnya PENDIDIKAN, mereka mengakuinya kalo mereka aga kurang sopan. Karena hidup dijalanan, harus benar2 bisa menerjang kerasnya kehidupan dijalanan. Okelah kalo begetoo , dari pada nyolong? *iya kan? Hehe

#PENGEMIS / MINTA2 : hmmm,, gw paling ga tega liat yg mengemis-ngemis. Apalagi yang salah 1 organnya hilang / cacat. Tidak bisa melihat, tidak punya tangan/kaki. Anak kecil, remaja, dewasa, sampai orang tua banyak sekali jadi pengemis..
Ibu/bapak yang tubuhnya masih lengkap + membawa anak, apa mengemis itu pekerjaan terakhir buat mereka? Mereka masih bisa kok jadi pembantu atau Kuli, yg pasti tidak hanya ketergatungan minta dari orang lain. Sebaiknya tubuh lengkapnya di pergunakan oleh mereka. Apalagi yang membawa anak, kasian sekali anak itu.. harus menjadi 1 tokoh pembantu org tuanya yg mengemis! Hingga orang melihatnya merasa iba dan memberi.. apa mereka tidak memikirkan kesehatan anaknya? Hmm maklum lah, kehidupanlah yg membuat mereka melakukan hal seperti itu. tp jangan salah juga loh, cacat pun kadang menipu kita. Ya , yg pernah kita liat dah di investigasi2 tipi, alias cacat buatan. Hmmm bingung !!!

# PEM-BERSIH : ini juga pekerjaan yg mulia kok..
Sapu-sapu kereta, menelusuri panjangnya kereta yg kotor. Ya dari kotor itu lah rejeki bagi mereka.. sekali sapu, kemungkinan 500 - 1000 orang ngasih.. lumayan lah.. buat kereta jadi bersih.. walaupun ga bersih2 amat.
Tukang semir sepatu, emang jarang si yang mau sepatunya di semir.. coz yang disemir itu, Cuma sepatu hitam, rata2 sepatu para pekerja/ pegawai. Itupun kalo pada mau.. padahal sekali semir , harganya ga seberapa loh..

# PEMULUNG : ini ga hanya di keretanya saja. Tapi di stasiunnya juga banyak.. hidupnya digantungi barang2 bekas, sampah2, botol bekas. Saat gw diem sejenak, gw melihat tong sampah itu diperebutkan oleh para pemulung, Bahkan dengan mata kepala gw sendiri, gw liat makanan yang udah masuk tong sampah mereka ambil dan dimakan.. ya tuhan… makin susahnya mereka sampai mereka harus makan dari tong sampah itu..

# PENCOPET ; pekerjaan terkutuk.. HMMM.. udah mah gw bawa uang pas2an, masih juga mau di copet. Dasarrr…PENCOPET. Baru masuk pintu, uang lenyap 1 juta. Ya kaga jadi mau ke tanah abang.. huafttt *untungnya bukan duit gw si, tp sodara gw. Kacian juga
Ya , pencopet bisa nyopet kalo lagi desek2an. Tp kalo yg udah propesional mah ga desek2an juga bisa.. udah kedesek kali ya, karena kepepet jadi harus nyopet. Untung2an si kalo ga ketauan, tapi kalo ketauan bisa di kepret.. hehe

#ORANG GILA : hmm,, knp ya bisa gila? Dr orok apa karena something. I don’t know??.. yg pasti banyak dah gw menemukan ORANG GILA. Agak iba juga sih, tp gw salut mereka bisa bertahan hidup dari ketidakwarasannya. Hidup yg ga tau asupan makanannya dapet dari mana.. semua kembali lagi ma yg nyiptain KITA. Tuhan tentunya..

# PENJUAL KARCIS, PENAGIH KARCIS, MASINIS, dan yg masih berhubugan dengan KERETA.
Kalo cerita tentang kereta mah ga ada habisnya dah.. stasiunnya juga..
Gw liat orang berbondol2 bawa keluarganya ampe bawa barang segitu banyaknya.. beuuhh gw si ga kuat ngangkatnya.. hehe
Ngantri karcis apalagi kalo pas liburan, bln ramadhan, natalan, and hari2 penting gitu dah.. apalagi kalo udah kebabalasan naek di atap, beuhhhh… wallahualam dah. Nyari penyakit aja ya *penyakit ko di cari sih, hehe

Beda banget ya kalo gw lg di bus/ busway 70% manusianya sama.. biasa2 saja,,
ANGKOT, METROMINI, TAXI, masih biasa juga..
Apalagi BANDARA.. beuuhhh…ga ada sama sekali gw dapetin reliji’y dah. Hehehe *walaupun gw blum pernah naek pesawat turun eh pesawat terbang deng.. hehe..
Hamper individu pegang BB, bukan bau badan tapi hp yg lagi gonjang ganjingnya neh di semua kaum adam dan hawa.. BLACKBERRY, hehe..
Pakainnya bagus2, pake kacamata keren, sepatu ber-HAK ampe berapa Cm tau dah.. hahaha *walaupun ga semuanya..
Bw koper yg gede2, dll..

Tp dari situlah gw belajar. Sebelumnya gw blum paham bgt derita yg mereka rasain. Tmen gw yg nyadarin gw, disanalah banyak bgt yg harus kita pelajari. (Thx ROSI)
Bukannya gw sok dewasa, tp ya inilah gw. Makin hari kan gw makin di cekokin susah senang kehidupan. Tiap hari umur gw makin berkurang, wawasan insya allah makin bertambah. Ia ga? Hehe

Gw ga munafik , gw ini orang yg amat sangat boros.. hal yg ga begitu penting gw beli, gw juga suka nge-gampangin sesuatu yg belum tentu bisa gw kerjain..
Arrggg, pusing juga ya. Hehe
Tp semoga dari kejadian ini gw bisa lihat kebawah, bahwa masih banyak yg jauh kurang beruntung dari kita. Gw harus bersyukur apa yg gw punya, apa yg udah gw dapet selama gw masih menghembuskan nafas sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar